Jenis Air Tanah

Jenis Air Tanah Berasal Dan Juga Prosesnya

Air Tanah Berasal Dari

Jenis air tanah berasal dan juga bagaimana prosesnya – Pada dasarnya air tanah merupakan bagian air yang berada pada lapisan bawah permukaan tanah. Berasal dari air laut, air hujan dan juga magma. Air hujan yang berasal dari hujan (meteorit) yang memiliki nama lain air vados atau air tua. Kandungan air tanah dari hujan ini mengadung berat (h3) (Tritium). Tritium adalah unsur yang dari atmosfer pada bagian dalam tanah yang berasal dari turunnnya air hujan.

Air tanah yang berasal dari laut yang juga ada pada wilayah pesisir atau sebagian pantai memiliki rasa yang agak asin. Air tersebut juga berasal dari magma atau memilki nama lain juvenil. Jenis air tersebut berasal dari siklus hidrologi pada zone kejenuhan kulit bumi bagian dalam. Pada jenis air tanah dari laut ini memiliki kandungan hidrogen (H) dan juga oksigen (02).

Contoh Sumber Air Tanah

Beberapa jenis air tanah yang layak untuk kebutuhan konsumsi manusia. ‘Sumber air yang berada di dalam tanah disebut’, sebagai berikut:

Freatik

Air tanah freatik merupakan air yang berasal dari tanah dengan kedalaman yang cenderung dangkal. Pada jenis air tanah ini biasanya dimanfaatkan untuk sumber air sumur dan lapisan kedap air atau impermeable.

Artesis

Air tanah artesis adalah air yang berasal dari bagian tanah yang lebih dalam dari jenis air freatik. Posisinya berdala antata lapisan akuifer dan bantuan kedap air.

Meteorit

Jenis air tanah meteorit atau memilki nama lain vados/vadose adalah air yang berasal dari proses siklus hujan (preispitasi). Proses nya dari awan yang mengalami kondensasi yang bercampur dengan debu meteorit.

Juvenil

Air tanah juvenil atau juga dengan nama lain air tanah baru terbentuk pada bagian dalam lapisan bumi karena intrusi magma. Air tanah jenis ini dapa dengan mudah ditemukan dalam bentuk dan juga suhu yang panas (geyser).

Konat

Air tanah jenis konat atau denga nama lain air fosil ini merupakan air yang tersimpan pada bagian batuan ketika batuan tersebut terbentuk. Jenis air ini memiliki kandungan mineral yang tinggi.

Jenis Air Tanah Bermasalah Yang Tidak Layak Konsumsi

Memilki Kandungan Zat Besi Fe2+ ke Fe3+

Air tanah dengan kandungan zat besi tinggi yang mengakibatkan air memilki warna yang kuning. Hal tersebut berasal dari perubahan ion Fe2+ (air jernih) yang jika keluar dari dalam tanah seketika akan berubah menjadi Fe3+ (air kuning).

Kuning Permanen

Air tanah dengan warna kuning ini tidak jauh beda dengan air tanah yang mengandung zat besi sebelumnya. Hanya saja pada air tanah kuning permanen ini air sudah merupakan ion fe3+ dari dalam tanah dan juga setelah keluar dari dalam tanah.

Masalah air tanah yang memiliki kandungan kadar besi baik yang masih bisa digunakan maupun yang memilki kandungan mercuri tinggi. Hal tersebut akibat dari kondisi geologis beberapa wilayah Indonesia yang alaminya mempunyai deposit Fe dengan angka yang tinggi.

Kandungan Fe yang tinggi ini bisa dengan mudah terlihat pada wilayah lereng gunung baik alami maupun karena manusia.

Air dengan asam organik yang cukup tinggi bisa berasal karena adanya lahan gambut atau wilayah bakau yang kaya kandungan senyawa organik.

Jasa Sumur Bor Air Tanah Bandung

Bagi anda yang sedang mencari jasa sumur bor Bandung terdekat, untuk kebutuhan air sehari-hari, anda bisa menghubungi kami. Anda bisa manfaatkan jasa kami untuk membuat sumur bor yang bisa menjadi sumber air untuk kebutuhan anda sehari-hari. Silahkan hubungi kami sekarang.

Jasa Sumur Bor Air Bandung

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.